" Nisa Transportasi Sukabumi - Rental Mobil Terpercaya di Sukabumi

Ini Modal Yang Dibutuhkan Untuk Berbisnis Penyalur BBM

0 komentar


Bisnis penyalur bahan bakar minyak (BBM) biasa dilihat berbentuk SPBU (Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum), namun sebenarnya banyak jenisnya. Berminat investasi? PT Pertamina membuka peluang kerjasama bagi para pihak baik swasta maupun Pemerintah Daerah yang berminat membangun fasilitas penyaluran BBM.
Apalagi untuk daerah-daerah pelosok atau lumbung energi tapi minim fasilitas SPBU, tentunya fasilitas ini sangat dibutuhkan masyarakat. Tapi bagaimana caranya, berapa biayanya, berapa lama balik modalnya?
Nah, detikFinance merangkumnya dari bahan persentase Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya, seperti dikutip Selasa (29/4/2014).
SPBU ini melayani kendaraan bermotor dan konsumen pengguna lainnya yang berhak sesuai ketentuan, khususnya di darat. Investasi yang dibutuhkan rata-rata Rp 5-8 miliar.
"Tapi itu belum termasuk tanah atau lahan SPBU. Tapi kalau di daerah masalah tanah tidak terlalu jadi masalah apalagi Pemda yang membangunnya," ucap Hanung.
Investasi SPBU tingkat pengembalian modalnya (BEP) antara 5-12 tahun. "Minimal penjualan BBM mencapai 15 kilo liter setara premium," katanya.
APMS atau Agen Premium dan Minyak Solar, merupakan cikal bakal SPBU. APMS ini melayani konsumen pengguna BBM terutama kendaraan bermotor di daerah terpencil atau di sebesar sungai atau laut. Volume penjualan dibatasi dengan alokasi.
Ada dua tipe APMS, yakni tipe sederhana dan tipe mirip SPBU.
"Investasinya di luar tanah Rp 500 juta-Rp 2 milar, dengan pengembalian modal 4-8 tahun, dengan alokasi 200 KL per bulan setara premium," kata Hanung.
Jenis lembaga penyalur BBM lainnya yakni Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. SPBN ini melaani konsumen nelayan dan usaha perikanan dengan kriteria sesuai dengan peraturan yang berlaku.
"SPBN ini menjual premium dan solar berdasarkan rekomendasi SKPD setempat. Rata-rata investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 4-Rp 7 miliar di luar tanah, dengan balik modal investasi 5-11 tahun," kata Hanung.
SPDN
Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) ini merupakan cikal bakal SPBN, melayani konsumen nelayan dan usaha perikanan sesuai dengan ketentuan berlaku. Ada 2 tipe SPDN yakni tipe sederhana dan tipe yang menggunakan pompa.
"Investasinya di luar tahah antara Rp 200 juta-Rp 400 juta dengan balik modal 3-12 tahun," ujarnya. (bn)
Sumber :  http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-madya/ini-cara-berbisnis-penyalur-bbm
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. jajasuandi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger