" Nisa Transportasi Sukabumi - Rental Mobil Terpercaya di Sukabumi

SEKOTENG SINGAPORE – van Sukabumi

0 komentar

Ayo Kuliner-an….
Malam hari di Sukabumi, memang enak rasanya untuk menyantap sesuatu yang bisa membuat badan hangat karena memang udaranya yang cukup dingin, baik di musim hujan maupun tidak. Dan salah satu alternatif yang patut dicoba adalah dengan menyantap sekoteng. Di Sukabumi, kita dapat menjumpai banyak gerobak dorong keliling yang menjual sekoteng, dan juga kita dapat menjumpai beberapa gerobak yang mangkal khusus untuk menjual sekoteng. Untuk yang mangkal, sejauh ini saya baru mengetahui 4 lokasi yaitu satu gerobak di jalan gajah mada, dua gerobak di jalan ahmad yani, dan satu gerobak lagi di odeon.
Kalau kita melintasi jalan Ahmad Yani, di Sukabumi, maka kita akan menjumpai dua gerobak kaki lima yang menjual sekoteng. Yang satu adalah gerobak sekoteng-wedang ronde khas solo, dan satu lagi adalah Sekoteng Asli Singapore. Sekoteng Asli Singapore ini yang paling lama berdiri, yaitu sejak tahun 2002. Di gerobaknya jelas-jelas terpampang tulisan bahwa dia tidak buka cabang. Pesan tidak buka cabang itu cukup penting, karena ternyata beberapa sekoteng yang mangkal lainnya penampakannya tidak jauh beda dengan sekoteng asli singapore ini.

                     SEKOTENG Asli SINGAPORE, TIDAK BUKA CABANG
Sejak bulan puasa, Agustus 2011 ini, lokasi mangkal sekoteng ini pindah tetapi tidak jauh dari lokasi lamanya. Lokasi barunya hanya bergeser di seberang lampu merah di sisi yang berlainan dari lokasi lama, masih di jalan Ahmad Yani juga. Alasan pindah lokasi ini karena di lokasi lama sangat susah bagi pembeli untuk parkir, khususnya bagi yang mengendarai mobil. Lokasi barunya yaitu di trotoar, depan toko Kurnia Grafika yang beralamat di Jalan Ahmad Yani no 293, Sukabumi. Sekoteng ini buka setiap malam mulai pukul 16.30 WIB sampai pukul 24.00 WIB.
                   Lokasi baru, di trotoar Toko Kurnia Grafika, jl A Yani no 293, Sukabumi.
Sekoteng singapore ini tidak jauh berbeda dengan sekoteng pada umumnya yang mengandalkan hangatnya air jahe dipadu dengan susu kental manis sebagai kuahnya, tetapi hanya saja sekoteng singapore ini isinya lebih beragam. Isi dari sekoteng singapore ini antara lain kacang hijau, pacar cina, kolang kaling, biskuit dan satu senjata rahasia yang saya tidak tahu pasti itu apa. Senjata rahasia itu akan berasa krez saat kita mengunyahnya, warnanya putih, dipotong kotak-kotak kecil, seperti semacam manisan buah bengkuang. Saya sudah pernah nanya ke yang jual apa namanya, tapi lupa. hahaha….maafkan ya.
                        Penampilan dari seporsi Sekoteng Singapore          
Untuk kuahnya, rasanya cenderung manis semriwing. Manis dikarenakan susu kental manisnya dan semriwing karena air jahenya. Saya pribadi selalu bilang untuk dikurangi susu kental manisnya saat memesan. Tetapi untuk menetralisir rasa manis yang muncul, disediakan pula satu sloki teh pahit.
                  Seporsi sekoteng singapore ditemani dua sloki teh pahit
Harga seporsi sekoteng singapore ini adalah Rp 6,000. Cukup terjangkau.
Yang selalu jadi pertanyaan adalah, apakah sekoteng ini asli dari Singapore? Apakah di Singapore ada sekoteng seperti ini? Atau bahkan, emang di Singapore ada sekoteng ya?
Saat saya tanya ke Aa’ (yang tampak oriental khas orang singapore) yang jualan, dia hanya menjawab sambil tersenyum ” Ya ini saya  melanjutkan resep dari orang tua, tapi  dengan sedikit modifikasi dari saya sendiri”. Dengan jawaban gantung seperti itu, saya sih tidak menanyakan lebih lanjut, kalau anda masih penasaran ya mampir saja sambil tolong tanyain gih beberapa misteri kecil berikut:
  1. Apakah ini asli dari Singapore?
  2. Apa nama senjata rahasia berupa potongan kotak kecil berwarna putih yang rasanya krez saat dikunyah?
Berikut saya perkenalkan sosok terampil dibalik citarasa sekoteng singapore ini, percayalah…rasanya ada yang laen saat bukan beliau yang membuatnya. Jadi, amatilah wajah beliau baik-baik….hahahaha


Jadi, untuk mencicipi sekoteng yang asli dari Singapore (yakin?), tidak perlu kita jauh-jauh pergi ke Singapore, datanglah saja ke Sukabumi, akan ada Sekoteng asli Singapore van Sukabumi.
Sumber  : http://jelajahsukabumi.com 
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. jajasuandi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger