" Nisa Transportasi Sukabumi - Rental Mobil Terpercaya di Sukabumi

CAKWE GANG IKAN – Sebuah citarasa sejak 45 tahun silam

0 komentar

Ayo Kuliner-an… Pagi hari di Sukabumi, cuaca biasanya cukup dingin.
Nah…kalau pagi hari mulut kita pengen ngemil yang hangat-hangat sebagai teman nyeruput secangkir teh, maka ada salah satu alternatif cemilan yang jangan sampai kita lewatkan, yaitu cakwe gang ikan, Sukabumi. Jangan ada alasan apapun, apalagi alasan “tidak tahu”, untuk anda tidak pernah mencicipi cakwe ini saat anda sedang berada di Sukabumi, cause hei….Ini bener-bener enak. Percayalah!
Lokasi dari gerobak cakwe ini yaitu di Jalan Perniagaan, tetapi orang-orang lebih suka menyebut jalan perniagaan ini dengan sebutan gang ikan. Oleh karena itu, cakwe ini juga terkenal dengan sebutan cakwe gang ikan. Untuk menuju jalan perniagaan cukup mudah, kita ke jalan raya Ahmad Yani dulu, setelah itu lokasi jalan perniagaan ini tidak jauh dari Supermal Sukabumi, ada di sisi kiri jalan kalau kita dari arah kebon jati. Jalan ini berupa gang sempit dengan deretan tenda-tenda kaki lima berjejer di sisi kiri dan kanan jalan, arusnya cukup macet dengan hilir mudik becak, motor, dan pejalan kaki. Mobil tidak bisa memasuki gang ini. Lokasi cakwe ini berada di ujung gang, dekat pertigaan, disekitar area jualanya terdapat jualan lain yaitu aneka unggas hidup di dalam sangkar nya masing-masing.
Seperti umumnya gerobak cakwe, ada menu lainnya yang tidak kalah enak yang selalu menemani, yaitu kue bantal. Di tempat ini, selain cakwe dan kue bantal, tersedia juga penganan lain yaitu lumpia goreng, semuanya enakkkkkkkk.  Cakwenya gurih dan asinnya pas,kering atau crispy nya juga pas, dikombinasi oleh senjata rahasianya…yaitu saus cakwe yang pedas-asam. Harmonisasi rasa yang sempurna saat kita menyelupkan cakwe ini ke dalam saus, kemudian memasukkannya ke mulut kita. Hmmmmm……
Kue bantalnya manisnya pas, tekstur nya lembut dan sedikit kenyal. Lumpia goreng nya juga favorit, berukuran relatif kecil, crispy  dengan isian oseng rebung-ayam-telur…sangat cocok saat dicelup ke sambal kacang sebagai pelengkapnya.
Dibalik citarasa ketiga panganan tersebut, ada dedikasi tinggi dari sang masterchef. Dedikasi dan komitmen selama 45 tahun untuk terus menyajikan penganan ini dengan citarasa yang sama kepada para pelanggan setianya. Luar biasa….cakwe ini sudah ada di lokasi yang sama dari tahun 1966, diracik oleh tangan yang sama.
Cakwe ini telah lolos standard makanan enak menurut kami, yaitu
  1. Yang membuat makanan dan yang jual adalah asli sang Pemilik, bukan karyawan bayaran yang hanya mencontoh resep.
  2. Yang jual lebih dari satu orang.
  3. Usahanya bertahan lama.
Harga yang ditawarkan juga cukup murah, harga satuannya yaitu
  • Cakwe                     Rp 1,000
  • Kue Bantal            Rp 1,000
  • Lumpia                  Rp 1,500
Cakwe gang ikan ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai 12.00.
Maka, ijinkanlah kami untuk memperkenalkan sosok-sosok luar biasa dibalik citarasa cakwe ini
Kolaborasi yang sempurna. Si ibu membuat adonan, si bapak menggoreng, dan si Aa’ melayani pelanggan.

Hmmm…penasaran, 45 tahun silam, saat si ibu masih gadis gimana ya membuat adonan cakwe nya?hehe
Si bapak…setia menemani istrinya untuk selalu menggoreng setiap adonan yang dibuat sang istri.
So, happy culinary time….
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. jajasuandi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger