" Nisa Transportasi Sukabumi - Rental Mobil Terpercaya di Sukabumi

Mendidik Anak dalam Islam

0 komentar

   Orang tua merupakan orang yang mendidik anak mereka dengan baik dan penuh dengan kesabaran dan tentunya tidak bertentangan dengan ajaran islam. Untuk mendidik seorang anak, orang tua dituntut memiliki kesabaran sebagai orang yang lebih dewasa dan lebih berpengalaman dalam hidup.

Diantara beberapa sikap yang dimiliki anak, ada 4 sifat anak yang sebaiknya dimiliki oleh orang tua yang berguna bagi orang tua, yaitu antara lain:

Pertama, seorang anak tidak pernah begitu pusing dengan yang namanya harta, mereka tenang saja menjalani hidup dan bersyukur dengan apa yang mereka miliki. Hal ini dikarenakan bukan mereka yang mencari rezeki dan belum tahu bagaimana susahnya mencari nafkah. Namun, yang perlu kita ambil hikmanya ialah hidupnya yang terlihat menyenangkan dengan tidak terlalu tenggelam dengan kesibukan mencari harta.

Kedua, seorang anak tidak pantang menyerah. Begitu mereka terjatuh, maka mereka akan mencoba agar bisa bangkit kembali. Hal ini tentunya merupakan hal yang sepeleh namun memiliki makna yang begitu luar biasa dari seorang anak kecil.

Ketiga, anak memiliki sikap yang bagus untuk dicontoh oleh orang tua, yaitu sikap pemaafnya yang begitu besar, jika ia bermusuhan dengan temannya, maka permusuhan tersebut tidak akan berlangsung lama dan sesegera mungkin melupakan kesalahan temannya yang telah dilakukan.

Keempat, anak-anak memiliki semangat yang tinggi meskipun mereka belum begitu mengerti dengan hidup yang akan ia jalani kelak.

Semua sifat di atas merupakan sikap kebanyakan anak-anak yang mungkin bagi kita orang yang dewasa, tidak begitu memerhatikannya, sementara di dalamnya terdapat begitu banyak pelajaran yang bisa kita ambil sebagai orang yang lebih dewasa.

Mendidik Anak dalam Islam


mendidik anak islam
Satu hal yang perlu kita ketahui sebagai orang tua dalam mendidik anak, yaitu kita tidak boleh memukul anak-anak. Di antara kedelapan pintu syurga terdapat pintu syurga Al Adi, yang penghuninya ialah mereka yang senantiasa menyayangi anak-anak.

Dalam merawat anak, sebaiknya mereka sering sering dibacakan surat Al Rahman atau shalawat kepada Rasulullah saw sebagai lagu nina bobonya.




Cara menghadapi anak yang nakal

Anak nakal itu adalah peluang untuk menjadi orang bagus, sehingga setan menggoda anak itu untuk menjadi nakal. Lihatlah anak dengan pandangan kasih sayang. Sebenarnya anak-anak tidak ada yang nakal hanya saja terkadang kita sebagai orang tua tidak begitu memahami keinginan seorang anak dan tidak memahami dunianya. Makanya dalam islam ada yang kita kenal sebagai akikah yang berguna untuk menghilangkan sikap kebinatangannya. Satu tips lagi ialah agar anak tidak nakal sebaiknya baca surat Al-Imran ayat 200 sebelum menasihatinya, insyaallah Allah akan memberikan jalan.

Anak akan mengikuti orang tuanya. Lingkungan pertama yang dikenal oleh anak ialah lingkungan keluarganya, anak ketika masih kecil lebih muda dibentuk kepribadiannya, maka pada saat itulah berikanlah kesan islam kepadanya. Kembalikanlah kepada diri Anda, apakah Anda masih menghafal doa sebelum makan atau doa sebelum tidur. Ketahuilah doa itu ialah doa yang semenjak kecil Anda telah hafal sampai sekarang. Jika pun Anda tidak bisa menghafalnya, maka pendidikan dari orang tua Anda dipertanyakan.

Berilah anak makanan yang halal, bagaimana mungkin seorang anak bisa menjadi orang baik apabila makanan dalam tubuhnya berasal dari rezeki yang haram. Memarahi anak atau mendidikya dengan keras, maka hanya akan membuatnya menjadi kebal. Dan memberontak lalu kemudian mencari tempat ia bisa berlindung, jika orang tuanya tidak dapat memberikan perlindungan untuknya.

Semoga bermanfaat…
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. jajasuandi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger